Minggu, 07 Oktober 2012

ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF




Era  Komunikasi  Interaktif
Para peneliti (Bruce, Cunard, Dysin, dan Hills) mempunyai pendapat yang sama, yaitu bahwa perubahan teknologi yang terpenting di dunia telekomunikasi adalah menyatukan dunia komputer dan telekomunikasi menjadi satu sistem tunggal.
Ketika microchip yang tersedia di mana-mana itu menjadi bagian penting sistem telekomunikasi, maka berkembanglah kemampuan baru dalam pengiriman hubungan telepon dan pemrosesan data serta peralatan dan pelayanan jasa telekomunikasi.
Penggunaan komputer, internet, serta seluler satelit yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan lebih mudah dan percakapan antara manusia tidak lagi harus bertatap muka.

Komputer
Mekanisme digital yang pertama, yang disebut abacus (sempoa) diciptakan sekitar 3000 tahun sebelum masehi, dan masih digunakan dengan efektif di banyak tempat hingga sekarang ini.
Sampai tahun 1642 tidak ada perkembangan selanjutnya, hingga Blaise Pascal di Perancis, pada usia 19 tahun membuat komputer digital sederhana yang pertama dengan kemampuan menambah dan mengurangkan. Kemudian pada tahun 1672, Wilhelm von Leibnis di Jerman membangun suatu mesin yang dapat bukan saja menambah dan mengurangkan, tapi juga mengalikan, dan membagi.

Pascal’s Pascaline [photo © 2002 IEEE]
Lebih dari 150 tahun berikutnya, pada tahun 1835, matematisi dari Cambridge, Charles Babbage mendisain suatu mesin yang walaupun tidak pernah dibuat, telah memberikan padanya pengakuan yang hampir universal sebagai bapak komputer modern. Mesin itu mempunyai alat input dan output yang menggunakan kartu berlobang (punched cards) yang mirip dengan master loomn buatan Jacquard (Plate 2). Selain itu Babbage menyediakan kemampuan untuk menyimpan data atau memori dan sebuah mill atau processor. Penyimpan dan mill juga diatur oleh kartu-kartu di mana instruksi dikodekan dengan nomor-nomor dan disimpan hingga saat kapan dibutuhkan untuk mengoperasikan processor.
Pada tahun 1915 Leonardo Torres di Spanyol mengkombinasikan teknologi calculating elektrik-mekanik dengan prinsip-prinsip programming. Ia menunjukkan mesin pertama yang mampu membuat keputusan dan mengilustrasikan versatility-nya (kepandaiannnya) dengan menggunakan mesin itu untuk memecahkan suatu problem catur yang sederhana. Setelah itu, 16 tahun kemudian di AS, Vannevar Bush mendisain suatu komputer analog yang disebutnya sebagai suatu differential analyser. Inilah komputer pertama dengan kemampuan umum untuk memecahkan persamaan.
Komputer elektronik yang pertama, ENIAC (Elektronic Numerical Integrator and Computer), dibuat pada tahun 1949
Hingga pada tahun 1955 muncul komputer komersil pertama, yaitu UNIVAC II, Universal Automatic Computer. UNIVAC dibuat oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly (pembuat ENIAC). Pembeli pertama komputer komersial adalah Perusahaan Prudential Insurance.

Satelit
Perkembangan satelit komunikasi sebagai suatu produk kemajuan teknologi pada hakikatnya menandai bermulanya suatu era baru dalam bidang komunikasi yang kemampuan dan potensinya merupakan hal yang tidak terbayangkan di masa yang silam. Setidak-tidaknya kemungkinan itu belum tergambar hingga tahun 1945, manakala seorang insinyur yang juga penulis fiksi sains kesohor, Arthur C. Clarke, memaparkan gagasannya mengenai hal itu. Melalui tulisannya di Wireless World edisi Oktober 1945, Clarke menggambarkan suatu satelit buatan yang dapat diluncurkan ke suatu orbit stasioner setinggi 22.000 mil (23.300 km) di atas khatulistiwa yang bila dikombinasikan dengan sistem kabel di bumi akan menghubungkan komunikasi sedunia.
Sampai saat itu sebenarnya, satelit komunikasi masih belum menjadi pertimbangan yang serius di kalangan ilmuwan. Namun perkembangan selanjutnya kiranya sungguh-sungguh merupakan suatu pencapaian keilmuan yang agaknya tidak boleh dikesampingkan, bahkan dalam riwayat peradaban umat manusia.
Pada akhir tahun 50-an John R. Pierce dari Bell Laboratories mendemonstrasikan kelayakan komunikasi ruang angkasa dengan menggunakan satelit awal ECHO dan TELSTAR. Lantas pada tahun 1957 Uni Soviet meluncurkan satelit SPUTNIK yang cukup menggemparkan dunia ketika itu. Kemudian pada tahun 1963 Amerika Serikat mengorbitkan satelit komunikasi geosynchronous yang pertama, yaitu SYNCOM 2.

Internet
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hingga puncaknya pada tahun 1990. Tahun tersebut adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Kemudian, sekitar tahun 1995, internet sudah menjadi jalur di mana suara, gambar, bisa streaming sekaligus. Tahun 1996 transaksi perdagangan di internet sudah mencapai satu milyar dollar AS. Tahun 1997 situs internet sudah melewati 1,2 juta. Nama domain business.com mencapai rekor penjualan 150.000 dollar AS. Tahun 1998, situs internet tumbuh menjadi 4,2 juta, dan nama domain yang terdaftar sudah melewati angka dua juta. Tahun 1999 nama domain business.com terjual kembali 7,5 juta dollar AS. Tahun 2000 situs internet sudah melewati 21,1 juta.
Dengan teknologi komunikasi interaktif, manusia bisa berkomunikasi dengan lancar walaupun jarak memisahkan mereka. Komunikasi interaktif memungkinkan komunikan menjadi aktif dan dapat memberikan feedback terhadap informasi yang diterimanya. Interaksi timbal balik sangat terasa antar komunikator dengan komunikan. Inilah kenapa zaman modern ini dikenal sebagai masa komunikasi ineraktif.

1 komentar:

  1. Andriansyah - 01.10.001
    Semester V - reg.sore


    Komunikasi adalah dasar
    terpenting dalam kehidupan manusia
    sehari-hari. Kita berkomunikasi dimana
    pun kita berada. Diam pun secara tidak
    langsung kita berkomunikas secara lisan
    terhadap orang lain.

    Tanpa komunikasi, kehidupan
    akan berantakan dan tidak beraturan.
    Komunikasi merupakan sesuatu yang
    dinamis, terus berkembang meluas dan
    terus mengikuti zaman. Komunikasi tidak
    pernah ketinggalan zaman karena
    komunikasi mengikuti perkembangan
    zaman yang terus pesat terutama setelah
    globalisasi mendunia.

    Contoh saja dalam teknologi
    komunikasi, pada tahun 1849, Antonio
    Meucci berhasil membuat sebuah mesin
    yang akhirnya dinamakan ‘telepon’ dan
    pada tahun 1876 Alexander Grahamm Bell
    menyempurnakannya sehingga berhasil
    memfungsikan teleponnya hingga
    sekarang, abad ke-21, bermunculan
    telepon genggam atau hendphone serba
    canggih serta internet. Hal tersebut
    membuktikan bahwa hanya dalam dua
    abad saja, tekonolgi komunikasi telah
    berkembang begitu pesatnya di dunia.
    Alexander Grahamm Bell
    ataupun Antonio Meucci tentunya
    bukanlah bapak Komunikasi ataupun
    pencetus komunikasi. Oleh sebab itu,
    komunikasi tentu memiliki sejarah
    terciptanya dan memiliki eranya masing-
    masing. Karena komunikasi bersifat
    dinamis, tentu komunikasi di setiap era
    berbeda-beda.

    Perkembangannya yang dinamis
    di setiap era sehingga terciptalah
    komunikasi canggih hingga sekarang.
    Semua keberhasilan teknologi komunikasi
    zaman ini tentu berawal dari ide-ide di
    era komunikasi zaman dulu.unia.

    ERA KOMUNIKASI TELEKOMUNIKASI

    Era ini berlangsung dari 1844 SM
    hingga sekarang. Diawali dari Samuel
    Morse, yang dijuluki sebagai penemu Kode
    Morse, kode komunikasi melalui ketukan-
    ketukan beraturan, mengirim pesan
    melalui alat telegraph Alexander
    Grahamm Bell. Kemudian Guglielmo
    Marconi, ilmuwan yang mentransmisikan
    pesan melalui alat komunikasi radio.
    Hal tersebut menunjukan pada
    dunia bahwa komunikasi telah
    berkembang menjadi semakin pesat.
    Komunikasi tidak hanya terbatas pada
    telepon dan radio saja. Manusia
    membutuhkan sebuah komunikasi jarak
    jauh untuk berkomunikasi dengan orang
    lain di tempat yang jauh dan berbeda.
    BNET Business Dictionary
    menuliskan bahwa Teknologi Komunikasi
    adalah sistem elektronik yang difungsikan
    untuk berkomunikasi antar individu
    maupun antar kelompok orang sehingga
    amat sangat diperlukan di dalam
    kehidupan manusia untuk berinteraksi
    satu sama lain tanpa memperhitungkan
    jarak dan tempat antar komunikan dan
    komunikator.

    Telekomunikasi hadir untuk
    menjawab kesulitan manusia dalalm
    berhubungan atau berkomunikasi akibat
    jarak yang jauh. Telekomunikasi amat
    membantu manusia terutama di zaman
    modern ini. Contoh saja telepon
    genggam ,internet, faksimil, radio, televisi,
    dll.

    Teknologi komunikasi merupakan
    suatu produk yang mengalami proses
    berkembang sehingga menjadi sedemikian
    rupa guna untuk mempengaruhi segenap
    kehidupan manusia yang berlangsung
    dalam berbagai bentuk aplikasi dalam
    kehidupan sehari-hari.


    . ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF

    Era ini berangsung dari 1946 hingga
    sekarang. Dengan semakin berkembangnya
    dunia, kita tentu membutuhkan teknologi
    yang mampu membantu meringankan
    pekerjaan kita. Tentu hal ini juga termasuk
    dalam teknologi untuk kita berkomunikasi
    satu sama lain.

    Era komunikasi interaktif ini adalah
    era dimana Teknologi yang ada saat ini
    sudah mengubah hubungan antara pihak
    dari konsumen dengan pihak dari
    perusahaan. Terdapat beberapa contoh
    spesifik dari teknologi interaktif yaitu,
    Para pemasar telah menemukan cara
    untuk menyesuaikan teknologi ini dengan
    strategi pemasaran yang berfokus pada
    keuntungan konsumen.
    Kebanyakan dari komunikasi
    interaktif ini digunakan dalam sebuah
    perusahaan atau bisnis. Sehingga banyak
    orang awam jarang memakai komunikasi
    tersebut.


    Demikianlah sejarah era
    komunikasi teknologi komunikasi di dunia.
    Para ilmuwan hingga kini terus
    mengembangkan teknologi-teknologi
    dalam dunia agar manusia semakin mudah
    dalam berkomunikasi tanpa kesulitan
    karena komunikasi merupakan dasar dari
    kehidupan setiap manusia di dunia.

    BalasHapus